Saturday, August 26, 2017

Langkah Cara Menulis Naskah Narasi Untuk Youtube

langkah cara menulis naskah narasi untuk youtube
Berikut ini merupakan tutorial bagaimana cara menulis naskah narasi untuk video youtube, perlu di ingat bahwa tidak semua video yang ingin anda upload butuh naskah narasi tergantung konten video anda. Contoh video yang tidak membutuhkan naskah narasi yaitu video cover lagu, dialog dan lain-lainnya, namun untuk anda yang ingin membuat narasi video dengan mudah ayo buat kerangkah naskahnya.

Pengertian naskah narasi adalah sebuah paragraf yang dikembangkan dalam kalimat tulisan yang rangkai sedemikian rupa dan akan dibacakan oleh pengisi suara. Contohnya anda menonton acara televisi sepak bola, maka anda akan menemukan beberapa cuplikan-cuplikan dan anda akan menemukan suara-suara pengisi suara itulah naskah narasi yang diisi oleh presenter atau komentator (pembawa acara) tersebut.


Contoh Membuat Naskah Narasi Youtube 


Sebelum membuat video youtube sebaiknya kita perlu memasukan naskah narasi, khususnya video yang dimana anda tidak tampil di depan kamera video. Saat video hanya cuplikan gambar yang akan ditanyangkan, disitulah anda diperlukan untuk melengkapi cuplikan gambar tersebut dengan mengisi naskah narasi yang telah dibuat. 

Contohnya berita tentang Anak Hilang, dilayar anda tampilkan cuplikan video kejadian anak hilang tersebut. Rumah dimana, siapa yang curi anak tersebut, bagaimana reaksi orang tuanya, berapa usia anak tersebut dan sebagainya. Nah dalam kondisi tersebut diperlukan hadirnya naskah narasi untuk melengkapi informasi-informasi yang sedang terjadi. Dengan demikian penonton siaran atau video youtube anda bisa mengetahui kondisi apa sebenarnya terjadi.

Perlu anda ketahui bahwa menulis naskah narasi untuk youtube harus punya prinsip-prinsip agar mudah dimengerti oleh penonton.

  • Menggunakan kalimat aktif, singkat dan padat. Naskah narasi untuk video youtube berbeda dengan naskah-naskah lainya, Misalnya artikel/buku. Seseorang akan membaca  suatu tulisan dan kurang mengerti (memahami) maka ia bisa mengulang-ulang  sampai memahami maksud dari tulisan tersebut. Berbeda halnya dengan video yang dimana penonton hanya bisa mendengar dengan sekilas saja, nah jika mereka sulit mendengar dan memahami apa yang anda ucapkan maka akan mengurangi kenyamanan penonton video yang telah di upload di youtube tersebut. Usahakan memakai kalimat aktif, singkat dan padat untuk tidak mengurangi peminat video-video anda.
  • Dalam cuplikan video usahakan untuk menambahkan informasi-informasi bukan hanya membaca dan menjelaskan apa yang telah diperjelas dari gambar tersebut. Misalkan anda membuat cuplikan gambar tentang kemerdekaan, maka anda bisa menambahkan naskah narasi (pengisi suara) dari gambar tersebut. Memberi tahukan kepada orang-orang siapa yang berpidato, naikin bendara dan lain-lainnya. Narasi berfungsi untuk memperjelas dan menambahkan informasi-informasi guna melengkapi cuplikan video youtube yang akan di upload.


Dengan modal dasar prinsip-prinsip diatas maka sobat akan segera mungkin bisa menulis naskah narasi yang secara efektif untuk video youtube anda. Sebelumnya cara menulis naskah narasi youtube ini pastikan narasi yang akan anda buat sesuai dengan gambar konten anda, jangan sampai gambar dan narasi tidak sesuai dan akan merugikan channel youtube anda sendiri.


0 comments

Post a Comment